Minggu, 05 Februari 2017

CARA BIKIN SIM DI POLRESTABES BANDUNG

SALAM HANGAT,

Ketemu lagi di blog sederhana www.anakasturi.blogspot.com, kali ini saya akan berbagi pengalaman membuat SIM di Kantor Polrestabes Bandung (pengalaman ini terjadi di bulan Januari 2017).

Untuk rekan rekan yang KTP nya berdomisili di wilayah Kodya Bandung bisa membuat atau memperpanjang SIM (A,BI,BII,C atau D) di Polrestabes Bandung dengan syarat usia minimal harus 17 tahun.

Dalam kesempatan ini saya akan berbagi tips buat rekan rekan yang mau bikin SIM di Kantor Polrestabes Bandung untuk bekal disana biar kemungkinan dapet SIM nya lebih besar he he…

NEMBAK…???

Saya sarankan jangan dulu sebelum mencoba bikin SIM murni karena nembak dan ngga tetep aja kita harus datang ke Kantor Polres, lagipula biayanya sangat mahal kalo nembak dan sejauh yang saya tahu sekarang susah kalo nembak… DOR !!.

Dan Ini dia Tips2nya….

Untuk yg akan bikin SIM C sebisa mungkin sudah menguasai motor sendiri, sekali2 ada bagusnya pinjem motor temen atau sodara karena nanti di Polwiltabes Bandung motornya pake punya Polisi, belajarlah jalan zigzag kedepan (untuk penanda bisa pake batu 5 atau 6 buah jarak antar batu kurang lebih 1,5 meter), kemudian berjalanlah membentuk angka 8 bolak balik sampe lancar lalu latihan lagi dengan jalan lurus lalu belok tajam ke kiri atau kanan sehingga membentuk hurup U (selama latihan tadi kaki jangan nyentuh tanah ya). untuk latihan ujian teori bisa cari kisikisi soal ujian sebanyak mungkin di internet dan untuk latihan simulator bisa belajar di Time Zone he he…..

Untuk yang bikin SIM A saya kurang tahu pasti tapi mungkin saja tidak jauh seperti ujian praktek SIM di Polres Bandung (Soreang) latihannya adalah parkir parallel (membujur jalan) sama parkir seri (melintang jalan mudah kok… yang agak sulit adalah berjalan di tanjakan terus kita berhenti beberapa saat ditanjakan tersebut kemudian maju lagi kedepan (tanjakannya ± 30-45 derajat), seandainya mundur lagi gagal deh.

Setelah kita merasa sudah cukup bekal barulah pergi ke Kantor Polrestabes Bandung jalan Jawa No. 1 Kota Bandung (usahakan datang pagi-pagi), jangan lupa siapkan persyaratan administrasinya yaitu ;
  1. KTP manual atau E-KTP cukup Foto copy 2 lembar dan KTP aslinya dibawa
  2. Siapkan uang untuk biaya bikin Surat Keterangan Sehat 40 ribu rupiah, biaya asuransi 30 ribu rupiah serta biaya SIM nya sendiri 100 ribu rupiah untuk SIM C dan 120 ribu rupiah untuk SIM A. saya saranin bawa uang lebih buat jaga jaga…..

Jangan lupa bawa map sama ballpoint 1 bh buat ngisi formulir (daripada rebutan sama peserta lain).

Setelah semuanya siap, berdoa dan berangkaaat……..

Sebelum ke Kantor Polrestabes Bandung, anda sebaiknya mampir dulu ke klinik kesehatan untuk bikin Surat keterangan sehat (saya istilahkan SKS aja ya) lokasi klinik agak jauh dari Kantor Polrestabes, anda masuk dari jalan Nias lalu sekitar 30 meter belok kanan ke jalan Nias Dalam masuk gang terus aja sampe mentok (motor masih bisa masuk), jam buka klinik sekitar jam 7.30 WIB.

Syarat bikin SKS hanya menyerahkan fc KTP serta biaya sebesar 40 ribu rupiah. Jika sudah selesai langsung aja menuju Kantor Polrestabes.

Urutan proses pembuatan SIM kurang lebih seperti berikut ;

          1. Identifikasi


Yang pertama dilakukan adalah identifikasi KTP di loket 1 yang lokasinya di bagian depan Kantor Polwiltabes, tepat ketika anda memasuki halaman parkir depan Kantor Polrestabes. Disini anda diminta nunjukin KTP asli dan SKS, petugas akan mengecek keabsahan dokumen tersebut kemudian dikasihkan kembali pada anda.

2. Asuransi
Setelah lolos identifikasi, anda menuju bagian asuransi (beda ruangan tapi masih satu area) anda tunjukin lagi KTP sama SKS yang tadi kemudian akan mendapatkan semacam lembar kupon warna biru bertuliskan Asuransi bla bla bla…. lalu bayar 30 ribu rupiah.

3. Pendaftaran
Setelah bayar asuransi kemudian anda menuju loket pendaftran dengan menyerahkan KTP,SKS dan kupon asuransi serta mengisi formulir, anda tunggu sebentar nanti dipanggil.  Di loket ini dokumen yang tadi anda serahkan akan dikembalikan beserta kertas kecil beisi semacam nomor identitas pemohon atau nomor antrian.

4. Pemotretan
Jika dokumen dan nomor tadi sudah didapatkan kembali, anda langsung menuju tempat pemotretan dan menyerahkan dokumen tersebut pada petugas kemudian anda nanti dipanggil untuk di foto dan cap sidik jempol kanan.

5. Ujian Teori
Jika sudah selesai di foto, bawa lagi tuh dokumen lalu serahkan ke petugas ujian teori kemudian anda tunggu di ruang sebelah ruangan uji teori, setelah dipanggil anda langsung aja masuk ruangan uji teori pilih tempat atau meja sesuai selera (satu orang = satu computer) nanti dikomputer anda tinggal masukan nomor identitas….. dan jreeeng…. nama, foto dan identitas kita tampil dilayar monitor. jika sudah siap anda tinggal mulai ngisi pertanyaan ujian (jawabannya pilihan ganda), ada sekitar 30 pertanyaan dengan masing-masing pertanyaan dikasih waktu sekitar 1 menit. Anda harus berhasil menjawab dengan benar minimal 21 pertanyaan, jika kurang anda dinyatakan gagal dan harus mengulang, kalo ngga salah seminggu kemudian.

5. Ujian Simulator Kendaraan
Berbeda jika anda membuat SIM di Polres Bandung (Soreang), di Polwiltabes Bandung bagi yang lulus ujian teori diharuskan mengikuti ujian simulator kendaraan (simulator motor untuk SIM C dan mobil untuk SIM A)  sedangkan di Polres Bandung tidak ada ujian simulator.

Hati – hati pada ujian simulator kendaraan ini karena pada ujian simulator diterapkan system nilai/poin tambah kurang artinya jika anda benar dalam berkendara layaknya dijalan nyata anda akan mendapat nilai sedangkan jika anda melanggar rambu lalu lintas contohnya melanggar lampu merah atau tidak menyalakan lampu sen pada saat belok, anda akan mendapat pengurangan nilai.
Dari titik awal hingga akhir rute anda disediakan waktu kurang lebih 5 menit dan harus mendapat nilai akhir minimal 60 poin. Jika kurang maka anda dinyatakan gagal dan harus kembali seminggu kemudian..

6. Ujian Praktek Kendaraan
Setelah dinyatakan lulus dalam ujian simulator, ujian selanjutnya adalah ujian praktek kendaraan. Dalam ujian ini anda harus menyelesaikan jalan jigjag, jalan pada jalur angka 8 serta jalan pada letter U untuk motor dan untuk mobil saya sendiri kurang begitu tahu.
Jika pada ujian praktek lulus, anda tinggal bayar biaya SIM sebesar 100 ribu rupiah untuk SIM C dan 120 ribu rupiah untuk SIM A, kemudian tunggu beberapa menit hingga SIM selesai di cetak.

Sebagai catatan, menurut pendapat saya untuk bikin SIM di Polrestabes Bandung tidak setertib di Polres Bandung (Soreang).
Demikian cara pembuatan SIM di Polrestabes Bandung berdasarkan pengalaman yang saya alami.


Semoga bermanfaat

Salam Blogger,    

64 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Malem saya mau tanya nih.. Saya kan gagal tes simulator karena pakai kopling.. Dan harus di ulang lagi minggu depan.. Lalu minggu depan saya harus ke tes kesehatan lagi?.. Atau langsung kebagian simulator lagi bagaimana baiknya ya?..
    Mohon infonya ya.. Karena ga ada penjelasan lebih lanjut dr pihak anggota polisinya. Thanks before

    BalasHapus
  4. Lgsg datang ke bagian simulator saja dengan menyerahkan bukti form hasil simulator yang tertera tgl tang ulang.

    BalasHapus
  5. Ane mau nembak sim A nih ada yang punya kontak orang dalem ga hehe soalnya gaada waktu kalo gagal test nya

    BalasHapus
  6. Saran :
    Saya bikin sim A/C di polrestabes bandung susah banget gak kayak dulu habis ujian teori langsung praktek lapangan

    Kemaren" mau bikin sim a-c pas ujian teori lulus nilai 90an , eh pas uji simulator gagal keduanya dan hampir semua org yang ditest gagal , kenapa ?

    Pas uji simulator A
    Ada sistem baru dibagi 4 bagian :
    Tes reaksi
    Tes antisipasi
    Tes konsentrasi
    Keterampilan mengemudi

    Adjust stir simulator nya ga ka akurat jadi saat diharuskan berada di tengah stir kadang goyang" sendiri ke samping sehingga nabrak dan ngurangin poin

    Ketika uji simulator Sim C :
    Stang udah lurus tapi belok sendiri , sensivity nya kenceng bgt jadi kalau belok dikit motor langsung muter balik yg menyebabkan jatuh/kecelakaan bukan pengurangan poin lg tapi langsung gagal
    Gas nya harus diputar dalam bgt baru maju , kalau asli udah standing gan
    Intinya uji simulator itu ujian seperti menggunakan kendaraan tidak layak pakai , dan ga ngaruh" banget di jalan nyata

    Menurut saya uji simulator itu dihapuskan aja soalnya ga layak pakai simulator nya , saya lebih menyarankan tes lapangan karena itu yang nyata dan sebenarny akan kita gunakan di jalan bukan simulator yg keadaan nya ga layak pakai

    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget agan @shinoramadhan berbagi pengalaman juga waktu bikin sim c... Setingan di kendaraan (motor) jauh banget dengan yang asli. Gas harus ditarik dalem, stir terlalu oleng, kopling nya juga kayak motor jadul. Tapi pas petugas pakai normal2 aja, heran deh... Yowes gitu aja, hapuskan simulator dari salah satu tes untuk mendapatkan sim kalo menurut ane sih...

      Hapus
    2. Betul sekali gan sy sdh 5x gagal uji simulator SIM C, tdk akurat malahan utk putar gas aja hrs pakai 2 tangan di fullkan bru jalan, sangat tdk berguna lebih baik test motor realnya aja.

      Hapus
    3. Setuju....!!!
      Hidup itu real..bukan..ber andai-andai..kaya motor stimulator...hahaha...capee deh...bikin rugi...aja tuh stimulator...

      Hapus
    4. udah 2 kali gagal, stangnya sensitip, gas nya keras, ga bisa motor kopling lagi
      Yamh ke tiga bisa gagal pula duh
      Rugi waktu, pikiran dan makan ati :(
      mana tempat kerja gue jauh lagi duh

      Hapus
  7. gan klo bulan puasa buka ga ea sayah mau bikin sim c

    BalasHapus
  8. Kalau bukan KTP bandung ga bisa bikin SIM di polrestabes bandung ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setau saya sih bisa, tapi harus daftar online dulu disini http://sim.korlantas.polri.go.id/booking/data_submitted

      Hapus
  9. gan itu simulator sim c pake kopling semua yah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kopling di sini bukan seperti kopling pada motor yang untuk menaikkan gigi, cuman untuk nahan gasnya aja biar gak mati pas berhenti.
      saya minggu kemaren langsung lulus uji simulator SIM C, kesalahannya cuman 1 yaitu gak nyalain sen, walaupun sebelumnya saya udah menyalakan tapi ya mungkin gak dicatat hehe
      saya gagal di ujian praktek SIM C karena kata petugasnya di lintasan zigzag dan angka 8 gak boleh sama sekali pake rem.

      Hapus
    2. Masa sih gan? Perasaan syaratnya cuma g boleh kaki ampe napak tanah,jatuh dan nabrak penghalang aja deh. Tapi kadang nabrak juga boleh asal ga jatuh. Kalo cuma ngerem mah boleh

      Hapus
  10. Gan mau nanya kalo bikin sekarang denger denger harus bikin surat dari lotte gitu bener ngga?

    BalasHapus
  11. maaf ni mau tanya, kalau domisili bukan asli bandung, kira2 bisa ngk ya??

    BalasHapus
  12. Via onlime gan, ane udh coba ktp ane karawang😀

    BalasHapus
  13. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  14. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  15. Gan, klo hari sabtu pelayanan sim di polwil buka atau tdk?
    Mksh

    BalasHapus
  16. Kalau KTPnya bukan KTP bandung gimana ?

    BalasHapus
  17. Gan mau nanya kalau sekarang kan harus ada sertifikat di lottemart MIM yah? Klau di jalan Peta emang gak bisa? katanya harus di Lottemart MIM soekarno hatta

    BalasHapus
  18. Kalo ktp bandung bikin di polres soreang bisa?

    BalasHapus
  19. Gan mau nanya, misalkan gagal tes teori kan dsruh ulang minggu depan, jika minggu depannya masih gagal lagi apakah di tes berikutnya harus mengulan tes dr awal ? Dan harus melakukan pembayaran lagi ?

    BalasHapus
  20. gan saya udah 5 kali gagal tes simulator rasanya sudah putus asa saya .. gmn dong gan solusinya ??

    BalasHapus
  21. izin bertanya saya baca kalo di "polres soreang engga ada uji simulator", kalo saya KTP Kota Bandung bisakah buat di polres soreang aja ?

    BalasHapus
  22. Buat yg gagal2 dr pada bolak balik.mendingan bikin sertifikat pengemudi dl deh, katanyan klo ada sertifikat pasti cap lulus.....
    Yg motor cuma bisa di Lotte, mobil jg bisa disana dan beberapa tmpt belajar mengemudi jg tp ga tau dimana aja....sekian info smoga bisa membantu oohh iya di lotte sertifikat mobil biaya 500 rebu....jd jng lupa bawa duit

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo udah bikin sertifikat pas ke tempat bikin sim langsung lampirin aja sertifikatnya gan pas diloket pendaftaran?

      Hapus
  23. Biasa nya bisa, karena surat keterangan itu sebagai pengganti ktp asli gan...

    BalasHapus
  24. Jadi klo udh bikin sertifikat trus lgs dtg ke tmpt bikin sim blg gmn gan?

    BalasHapus
  25. Mau tanya gan? Gimana caranya biar lulus ujian simulator motor?

    BalasHapus
  26. buat sertifikatnya dimana ? mau nanya.... udah keselll bgt ngulang terussss

    BalasHapus
  27. Mau tanya ?
    Sebelumnya saya pernah bikin sim, tp belum setahun sim saya hilang lalu sempat mengurus surat kehilangan ke polsek tapi ga sampe di lanjutin ke polres bndung sampe sekarang karena malas ngusrusnya dan juga jarang berpergian selain itu lokasi kampus dulu dkt dan ada jalan alternatifnya, dan sekarang lokasi ke kampus lumayan jauh (butuh banget sim) apa lagi kalo ada jadwal operasi rutin yg saya tidak tau jadwal dan tempatnya dan jalan alternatifnya jg , hilangnya udah cukup lama apa masih bisa membuat surat keterangan kehilangan ke polsek? atau harus bikin baru lagi ?
    tapi kalo bikin baru, saya udah coba liat di panduan pembuatan sim online, ada keterangan kalo nik nya sama atau udah di gunakan ga bisa bikin baru lagi, itu gimana ya solusinya ?
    Terimakasih

    BalasHapus
  28. Ujian simulator sim c gak enak banget...
    Kdu di ganti mtor na

    BalasHapus
  29. Simulator ohhh... Simulator,kau membunuh banyak orang!... Harusnya di hapuskan saja tes kaya gitu! Berdalih standar nasional harus bisa minimal koopling,ehh.. Motornya gak layak pakai! Kesel anyiiingggg!____-

    BalasHapus
  30. biasanya klo bikin sim cara nembak di polres sereang itu tutup jam berapa yh?
    trus biaya nmbak sekitar brapa hrganya?
    dan langsung masuk ke bagian mana klo mo nambak sim c?
    mohon penjelasannya.

    BalasHapus
  31. Simulator adalah peluang terbesar untuk membuat gagal pemohon.. jadi ada ladang korupsi di tempat kursus dan calo!! Peraturan yang aneh. Polisi mata duitan yah gini.. segala hal dibikin biar tetep ada pemasukan..

    BalasHapus
  32. Bikin sertifikat sim c di lotte mart mana sih? di rancasari sukarno hatta 646 atau bisa juga di festifal citilink jalan peta mas?

    BalasHapus
  33. Lieut gagal maning gagal maning son,,,,

    BalasHapus
  34. Sama bro. Hari ini gue test simulator gak ada manfaatnya. Buang2 duit dan buang waktu. Jaman pemimpin ganti tuh alat.

    BalasHapus
  35. Info nembak sim brapaan ya gan ,biar cepet kelar , , gue kerja mulu susah libur

    BalasHapus
  36. Di polrestabes bandung apakah ada tes simulator juga?

    BalasHapus
  37. Saya test 3 kali gak lulus padahal udah makan asam garam naik motor, tes efektif naik motor polisinya kita bonceng keliling bandung pasti bisa nilai kemahiran. Knp sim tidak berlaku seumur hidup ? kalo buat pelanggaran berat atau sering di tilang baru cabut sim nya pasti org bakal hati2 bawa motor

    BalasHapus
  38. Saya test 3 kali gak lulus padahal udah makan asam garam naik motor, tes efektif naik motor polisinya kita bonceng keliling bandung pasti bisa nilai kemahiran. Knp sim tidak berlaku seumur hidup ? kalo buat pelanggaran berat atau sering di tilang baru cabut sim nya pasti org bakal hati2 bawa motor

    BalasHapus
  39. Kalo domisili bukan bandung bisa kan ya?

    BalasHapus
  40. Tambah sengsara aja rakyat cuman jadi ladang pembodohan suruh Jokowi ikut tes simulator yakin Tah moal lulus anu bisa lulus papa setnov

    BalasHapus
  41. sharing nih guyss,, untuk test simulator usahakan kita tetep tenang dalam kondisi apapun, atur gas dan kopling kalo kecepatan dibawah 15 km/jam tarik kopling walau sedikit. selanjutnya fokus pada rambu jadi tiap ada tikungan atau traffic light kurangi kecepatan biar tau kita selanjutnya diarahin kemana. alhamulillah uji simulator ane dapet 100. cuman uji praktik gagal ,, duuhh motornya ngga bgt dah

    BalasHapus
  42. kang, kalau nembak juga harus punya sertifikat mengemudi ya?

    BalasHapus
  43. Anak saya udah bolak balik lebih dari 10x selalu gagal di tes praktek, saya pernah lihat tes nya mulus tapi ya gitu deh, moga aja ga anak nya ga putus asa, dan semoga tanpa sertifikat yang selalu di tawar"kan ( nembak ) masih bisa lulus, jujur, sabar tawakal insyaallah keberkahan akan datang.

    BalasHapus
  44. Membuat SIM nya berapa lama ya?

    BalasHapus
  45. Makanya banyak pengendara ga bawa sim, ribet amat, mending balapan aja yu pa, daripada saya di siksa tes simulator mah, ga pernah berhasil.

    BalasHapus
  46. Punten klw tanggal merah buka ga ya pelayanan perpanjang SIM ?

    BalasHapus
  47. katanya ada bimbingan gratis dari polrestabes bandung untuk ujian2nya, bener ngga gan, saya dapat dari sini https://jabar.tribunnews.com/2018/08/24/tidak-lulus-ujian-sim-polrestabes-bandung-buka-bimbingan-gratis-ini-jadwal-dan-syaratnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hoax gan, tadi saya udah cek ke polrestabes bdg malah diketawain sm petugasnya

      Hapus
  48. ituBola - Situs Judi Bola Online | Sportsbook Terlengkap & Terpercaya

    Situs Judi Online Sportsbook Terpercaya, Terbaik serta Berlisensi di Indonesia. Menyediakan berbagai macam permainan Sportsbook Terlengkap.

    Cukup 1 User id untuk bermain semua taruhan Permainan Meliputi :
    - Sportsbook Terlengkap
    • Sepak Bola
    • BasketBall
    • Esports
    • Dan Lainnya

    Menang Lebih Mudah Disini Serta Dapatkan Juga :
    => Bonus Cashback 5% (Yang dibagikan setiap Hari Seninnya).
    => Pelayanan Terbaik Dengan Customer Service 24 Jam Nonstop.

    Deposit Bisa Melalui :
    => Via Bank Lokal Indonesia.
    => Via OVO, GOPAY, PULSA Telkomsel & XL/Axis Atau E-Payment Lainnya.

    • Minimal Deposit 25,000 | Minimal Withdraw 50,000
    • Proses Deposit & Withdraw Tercepat

    Untuk Pendaftaran Hubungi Kontak Kami:
    - LINE : itubola757
    - WHATSAPP : +85517696120
    - LIVE CHAT : ituBola

    BalasHapus