Jumat, 27 Januari 2017

CARA MEMBUAT SKCK DI POLSEK KABUPATEN BANDUNG

SALAM HANGAT,

Rekan rekan semua saya akan berbagi pengalaman membuat SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian) di Kantor Polsek bagi warga Kabupaten Bandung.

SKCK biasanya diperlukan untuk kebutuhan melamar pekerjaan, persyaratan pengangkatan di tempat kerja atau kelengkapan administrasi untuk pendidikan yang dibiayai oleh kantor atau keperluan lainnya.
Pembuatan SKCK setelah saya alami sendiri ternyata sangat mudah dan praktis tidak sesulit yang dibayangkan.

Pengalaman saya bikin SKCK di Polsek Cileunyi Kab Bandung (untuk warga yang berdomisili di wilayah Kec Cileunyi Kab Bandung) ingat ya bikin SKCK harus di Kantor Polsek/Polres sesuai alamat domisili di KTP.

Ada yang bilang sebelum ke Kantor Polsek harus bikin surat pengantar dari ketua RT RW Lurah/Kepala Desa terus ke Kecamatan barulah ke Kantor Polsek, makanya waktu itu saya ke rumah Pak RT mau minta pengantar, eeeh pas nyampe rumah pak RT pintu pagarnya di gembok, pulang lagi deh (kebetulan saya sudah pindah tempat tinggal tapi alamat KTP masih daerah situ) sebelum pulang mampir dulu ke Kantor Kepala Desa tanya tanya persyaratan bikin SKCK. Petugas di Kantor Kepala Desa  bilang harus ada Surat dari RT, RW lalu tanda tangan Kepala Desa/Sekretarisnya kemudian ke Kantor Kecamatan untuk di tanda tangan lagi barulah bisa dilanjutkan ke Kantor Polsek, bagi saya yang sehari hari bekerja di perusahaan BUMN tentulah hal ini menyita waktu dan ribet.

Nyampe rumah mikir…. kalo begini caranya kapan bisa dapat SKCK….untunglah seorang teman menyarankan langsung aja ke Kantor Polsek dan cari alas an yang bagus biar bisa tanpa surat pengantar (saya piker harus nego nih he he)…akhirnya besoknya saya langsung ke Kantor Polsek Cileunyi di jalan Panyawungan sebelah kanan bersebrangan dengan Minimarket Alfamart, kalo dari cileunyi harus puter arah di jalan Rancaekek menuju Bandung lagi, nanti sebelum halte bis jurusan Jakarta belok kiri ke jalan Panyawungan kurang lebih 300m ketemu Kantor Polsek.

Sesampainya di Kantor Polsek saya langsung ke belakang bangunan utama (ada petunjuknya untuk yang mau bikin SKCK kok). Tempatnya bersih, rapih dan sepertinya pihak Polsek memperhatikan kenyamanan pengunjung yang mau bikin SKCK. Karena niatan saya mau nego alias nembak, saya ga langsung ke loket tapi memperhatikan dulu gerak gerik orang lain yang sama sama mau bikin/memperpanjang SKCK sambil baca baca pengumuman yang ada di situ.
Betapa terkejut dan bahagianya saya ketika baca persyaratan bikin SKCK, ternyata tidak tidak diharuskan membawa Surat pengantar dari Desa/Kecamatan. Langsung aja saya ke loket dan bilang mau bikin SKCK, lalu petugasnya minta persyaratan yang saya bawa kemudian petugas tersebut mengembalikan lagi map saya tadi dan diminta mengisi formulir yang sudah disediakan, setelah diisi kita kembalikan lagi ke petugas. Setelah nunggu sekitar 40 menit (itupun karena lumayan ngantri) dipanggillah nama saya… jadi deh SKCK.

O ya sebagai catatan dalam formulir kita harus mengisi diantaranya data diri,alamat,nama istri, anak, orangtua,hobi,riwayat pendidikan kasus yang pernah dialami dll..panjang deh hehe…

Apa saja persyaratannya…???
Ini dia yang harus kita siapkan (berdasarkan pengumuman yang ada di kaca loket Kantor Polsek)
UNTUK SKCK DARI POLSEK
1. FOTO COPY KTP 1 LEMBAR
2. FOTO COPY KARTU KELUARGA 1 LEMBAR
3. PAS PHOTO UK. 4X6 3 LEMBAR

UNTUK SKCK DARI POLRES
1. FOTO COPY KTP 1 LEMBAR
2. FOTO COPY KARTU KELUARGA 1 LEMBAR
3. PAS PHOTO UK. 4X6 3 LEMBAR
4. SURAT REKOMENDASI/PENGANTAR DARI KANTOR POLSEK

Syaratnya mudah sekali bukan….
Untuk biayanya sejak tanggal 6 Januari 2017 yang semula Rp. 10.000 menjadi Rp. 30.000
Dan untuk background photo tidak disebutkan warnanya, tapi berdasarkan pengalaman saya ada yang merah ada yang biru lolos lolos aja tuh..hehe.

JEMPOL DUA DEH BUAT PELAYANAN BIKIN SKCK DI KANTOR POLSEK CILEUNYI.

Demikian cara membuat SKCK di kantor Polsek berdasarkan pengalaman yang saya alami, artikel selanjutnya saya akan berbagi cara membuat SIM di Polres Bandung (Soreang) dan Polwiltabes Bandung berdasarkan pengalaman yang saya alami.
Semoga bermanfaat.


Salam Blogger,   

17 komentar:

  1. Ada rencana buat, trim infonya..

    BalasHapus
  2. Mantap gan infonya. Saya mau buat juga nih

    BalasHapus
  3. Saya mau buat. Tapi ragu. Mudah mudahan g pake pengantar nih gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gmn gan,disuruy pake surat pengantar rt/rw ga?

      Hapus
  4. Saya mau buat nih gan. Mudah mudahan seperti agan juga

    BalasHapus
  5. Terimakasih infonya, keep posting yg bermanfaat

    BalasHapus
  6. klo hari minggu bisa bikin skck ngga gan?

    BalasHapus
  7. Saya kan punya skck. Tapi masa berlaku nya udah abis 2 tahun lalu . apakah harus bikin bari lagi atau bisa di perpanjang ?

    BalasHapus
  8. Saya mah dilayaninya juga kurang puas, soalnya bapa petugas disana agak angkuh gitu

    BalasHapus
  9. Terima kasih kang.sangat membantu.rt rw nya kerja.jadi birokrasi nya kalo bisa langsut ya mendingan langsung.nuhun

    BalasHapus
  10. Terima kasih kang.sangat membantu.rt rw nya kerja.jadi birokrasi nya kalo bisa langsut ya mendingan langsung.nuhun

    BalasHapus
  11. Pake fc akte juga sedangkan akte di luar kota, jadi harus ke desa dulu

    BalasHapus